9 Manfaat Pernapasan Hisap Dalam Di Tahta Mataram Untuk Tubuh, dari Detoksifikasi Hingga Memperkuat Jantung

Monday, November 1st 2021. | Artikel

Dkptahtamataram.com – Bernapas adalah aktivitas yang sudah sering kita lakukan setiap waktu, bahkan tanpa perlu berpikir. Aktivitas bernapas ini bukan sekedar menarik dan mengeluarkan udara, tapi juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Apalagi yang sering kita lakukan saat latihan, menghisap oksigen yang banyak kemudian menahannya sebentar kemudian mengeluarkan nafas ( CO2 dan air ).

Bernapas dengan benar tidak hanya baik untuk keberlangsungan hidup seseorang, tapi juga untuk meningkatkan suasana hati yang baik dan untuk menunjang performa terbaik dalam diri seseorang.

Salah satu teknik bernapas yang banyak dipraktikkan saat ini adalah pernapasan dalam, ya seperti di Tahta Mataram. Ini adalah salah satu latihan yang baik untuk memperbanyak asupan oksigen dalam tubuh. Selain itu, pernapasan dalam juga membantu mengatasi masalah seperti stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, dan bahkan tekanan darah tinggi.

Pernapasan dalam akan membuka dan menenangkan berbagai bagian dari keberadaan kita dan secara keseluruhan menjadi teknik yang memberikan kesehatan yang dapat kita lakukan.

Berikut beberapa manfaat pernapasan dalam bagi tubuh yang akan menunjang kesehatan:

Mendetoksifikasi dan Melepaskan Racun

Manfaat pernapasan dalam yang pertama adalah untuk mendetoksifikasi. Tubuh dirancang untuk melepaskan 70% racunnya melalui pernapasan. Jika Anda tidak bernapas secara efektif, Anda tidak bisa membersihkan racun dari tubuh dengan benar, sehingga sistem lain di tubuh harus bekerja lembur yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit.

Saat Anda menghembuskan udara dari tubuh, Anda melepaskan karbon dioksida yang telah melewati aliran darah ke paru-paru. Karbon dioksida adalah limbah alami dari metabolisme tubuh.

Melepaskan Ketegangan

Manfaat pernapasan dalam yang kedua yaitu untuk melepaskan rasa tegang. Dengan banyaknya aktifitas setiap harinya, baik itu sekolah, bermain, bekerja, seseorang akan lelah, penat, lesu, sehingga ketegangan otot, syaraf, fikiranpun kadang terjadi. Pikirkan bagaimana perasaan tubuh saat tegang, marah, takut, atau stres. Otot menjadi kencang dan pernapasan menjadi pendek. Saat pernapasan Anda pendek, ,maka Anda tidak mendapatkan jumlah oksigen yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjernihkan Pikiran

Manfaat pernapasan dalam yang ketiga yaitu untuk menjernihkan pikiran. Oksigenasi otak mengurangi tingkat kecemasan yang berlebihan. Bernapaslah secara sadar, perlahan, dan dalam ke dalam tubuh. Rasakan bagian yang sesak dan hiruplah napas. Saat merilekskan tubuh, Anda mungkin menemukan bahwa pernapasan membawa kejernihan bagi pikiran. Hal ini sering kita lakukan sebelum latihan di tata gerak Nafas Semedi 1. Dengan menghisap nafas yang dalam secara perlahan, kemudian fokuskan diri untuk mengumpulkan segala masalah yang ada pada diri dan mengeluarkannya. Sehingga ketika nanti latihan pada materi selanjutnya Anda bisa lebih fokus tanpa beban masalah.

Memijat Organ dan Mengencangkan Otot Perut

Manfaat pernapasan dalam yang keempat yakni untuk memijat organ tubuh. Gerakan diafragma selama latihan pernapasan akan memijat perut, usus kecil, hati, dan pankreas. Gerakan atas diafragma juga memijat jantung.

Saat Anda menghirup udara, diafragma turun dan perut akan mengembang. Dengan gerakan ini, Anda memijat organ vital dan meningkatkan sirkulasi di dalamnya. Pernapasan yang terkendali juga memperkuat dan mengencangkan otot perut.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pernapasan dalam yang kelima adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oksigen bergerak melalui aliran darah Anda dengan menempel pada hemoglobin dalam sel darah merah. Hal ini pada gilirannya akan memperkaya tubuh untuk memetabolisme nutrisi dan vitamin. Dengan berlatih rutin dan benar di Tahta Mataram, Insya Allah sistem kekebalan Anda akan bagus dan jarang sakit.

Meningkatkan Postur

Manfaat pernapasan dalam yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan postur. Teknik pernapasan yang baik dalam jangka waktu tertentu akan mendorong postur tubuh yang baik. Postur tubuh yang buruk akan mengakibatkan pernapasan yang salah. Jadi dengan melakukan pernapasan dalam, sekaligus menjadi proses untuk memperbaiki postur tubuh.

Memperkuat Paru-paru

Pernapasan dalam juga bermanfaat untuk meningkatkan paru-paru Anda. Saat Anda menarik napas dalam, paru-paru menjadi sehat dan bertenaga. Ini adalah cara yang baik untuk mengatasi masalah pernapasan.

Membuat Jantung Lebih Kuat

Latihan pernapasan dalam mengurangi beban kerja jantung dengan dua cara. Pertama, pernapasan dalam mengarahkan paru-paru menjadi lebih efisien, yang berarti lebih banyak oksigen yang dibawa dengan darah menuju ke paru-paru oleh jantung.

Jadi, jantung tidak harus bekerja keras untuk mengirimkan oksigen ke jaringan. Kedua, pernapasan dalam menyebabkan perbedaan tekanan yang lebih besar di paru-paru, yang menyebabkan peningkatan sirkulasi, sehingga sedikit membantu mengistirahatkan jantung.

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat pernapasan dalam yang terakhir adalah untuk memperbaiki suasana hati. Pernapasan dalam akan meningkatkan reaksi kimia pada saraf pemicu kesenangan di otak, sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan rasa sakit fisik.

Demikian tentang artikel 9 Manfaat Pernapasan Hisap Dalam Di Tahta Mataram Untuk Tubuh, dari Detoksifikasi Hingga Memperkuat Jantung. Semoga bermanfaat. Baca juga : Melatih Kecerdasan Spiritual Agar Menjadi Manusia Yang Lebih Baik

tags: , , , , , , , ,